Rabu, 03 Maret 2010

"SETTNG RADIO WIRELESS MIKROTIK"





Sebelum kita langsung membahas tentang konfigurasi radio mikrotik, ada baiknya kita tahu terbelebih dahulu apa saja contoh dari wireless itu, contoh wireless itu sangat banyak sekali diantaranya itu ada WLM54G, WLM54A/G, TP-LINK, CM9, CM10, 3COM, R52H, XR-5 dan lainnya. ok langsung aja kita bahas Beberapa konfigurasi inti yang harus di setting pada radio wireleess miktrotik :

/interface wirelessset wlan1 band=5ghz

set wlan1 frequency=5425

set wlan1 mode=ap-bridge

set wlan1 ssid=bluesset wlan1 rate-set=default

set wlan1 wds-ignore-ssid=yes

set wlan1 wds-mode=dynamic

set wlan1 scan-list=5100-5900

set wlan1 radio-name=jawara-udara

/interface wireless set wlan0 disabled=no


Note :

- itu adalah beberapa konfigurasi yang harus kita setting untuk menghubungkan radio antar radio sampe running dengan asumsi menggunakan band 5 Ghz, catatan band dan ssid harus sama serta mode-nya kalau untuk ap gunakan ap-bridge/ bridge dan untuk stations/cpe gunakan mode station/station-wds.

- setiap kali kita akan mengkonfigurasi apapun dalam wireless kita harus masuk ke directory yangakan kita setting, contohnya kita akan mengkonfigurasi frequency dan ssid maka yang kita lakukan adalah masuk ke directorynya yaitu /interface wireless.

- untuk penjelasan dari beberapa konfigurasi yang telah kita setting tadi, next time akan saya bahas lagi beserta cara mendapatkan hasil/kualitas radio yang maksimal atau kata yang sudah familyarnya tunning-tunning.

- konfigurasi di atas seperti ssid, frequency, radio name, band dll itu hanya sebagai contoh pada implementasinya silahkan di sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing….

1 komentar:

mbah mengatakan...

Gan ajarin saya donk lebih detailnya lagi maklum nih masih newbie...soal mikrotik.....