Selasa, 04 Mei 2010

Les Paul Gitar Robot dari Gibson

gibson-robot-guitar1.jpgGibson baru saja meluncurkan gitar keluaran terbaru yang menggunakan tehnologi robot gitar. Gitar elektrik Gibson ini diproduksi dengan tehnologi robot yang memungkinkan guitar melakukan setting untuk memainkan musik dalam waktu beberapa detik saja.
Tehnologi ini sendiri berhasil dikembangkan setelah bekerjama dengan perusahaan asal Jerman, Tronical. Gitar ini dapat menyetem dirinya sendiri ( self-tuning guitar ). Sebuah instrumen gitar yang dapat mendeteksi kesalahan nada sebuah dawai gitar secara otomatis dan langsung mengubah setelan senar tersebut ke pitch nada yang benar. Alat diciptakan agar mampu menyimpan enam macam jenis tuning gitar favorit gitarisnya.
Teknologi robotik yang dibuat oleh Tronical Gmbh bekerjasama dengan Gibson Guitar Corp. ini memungkinkan Gibson Les Paul model untuk melakukan tuning sendiri dalam 2 detik. Bagi gitaris yang hanya membeli teknologi auto-tuning nya saja sebagai add-on, akan mampu membuat gitar mereka mengenali pitch. Kemudian prosesor akan mengarahkan motor penggerak di setiap dawai untuk mengendurkan atau mengencangkan tegangan dawai gitar.gibson powertune. Tronical menjual terpisah teknologi add-on ini sebagai “Powertune System” secara online $900 tanpa gitarnya. Menurut Tronical, alat ini dapat dipasang di berbagai jenis gitar elektrik tanpa meninggalkan cacat.
gibson-robot-guitar2.jpgGibson dan Tronical mengatakan teknologi ini bermanfaat bagi pemain gitar pemula yang masih kesulitan menyetem dawai gitarnya maupun para professional yang menginginkan adanya 6 macam tuning berbeda untuk gitarnya. Tuning yang berbeda dapat disimpan ke dalam memory alat ini untuk suatu saat diaktifkan bila dibutuhkan. Alat ini mampu mengenali dan mennyimpan tuning asli milik gitarisnya hanya dengan mengenali suara dawai gitar tersebut.
Untuk mengaktifkan salah satu jenis tuning, gitaris hanya perlu menarik salah satu knob gitar, memutarnya ke setelan jenis tuning yang diinginkan yang ditandai dengan lampu biru, lalu menekan knob tersebut kembali. Sebuah sinyal elektronik akan dikirimkan ke dawai gitar dan disampaikan kepada motor penggerak auto-tuning. Sistim ini digerakkan oleh sebuah baterai lithium-ion yang dapat diisi ulang. Penggemar gitar Gibson di antaranya adalah Slash (Guns N’ Roses),Jimmy Page (Led Zeppelin), Lenny Kravitz, Eric Clapton, Paul Weller dan Paul McCartney.
Gibson mengatakan kalau gitar ini merupakan gitar pertama yang mengunakan bantuan robot. Gitar Gibson Les Paul dan with Gibson SG ini dihargai senilai US$2,499 atau sekitar 24 juta rupiah. setiap toko gitar Gibson di seluruh dunia hanya akan diberi jatah stock 10 buah saja. Gitar ini akan tersedia dalam warna Blue Silverburst Les Paul dan Gibson SG model. Penemu teknologi ini, Chris Adams dari Tronical Gmbh, yang terinspirasi setelah dirinya frustasi karena dirinya harus berulang kali melakukan manual tuning pada gitarnya, menggambarkan ide ini sebagai “Mercedes-nya gitar”. Alat auto tuning buatannya ini juga telah digunakan oleh gitaris Billy Corgan (Smashing Pumpkins) dan Matt Bellamy (Muse).

1 komentar:

Anonim mengatakan...

This is really interesting, You're a very skilled
blogger. I've joined your rss feed and look forward to seeking more
of your magnificent post. Also, I've shared your web site in my social networks!


Here is my web site; barely political - free-wallpaper-downloads.net -